Bakso Malang Langgeng Salah Satunya
Mei 25, 2016
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Bakso Malang Langgeng Salah Satunya

 “Bukan omong kosong, bahwa di zaman Parijs van Java dulu, Bandung adalah tempatnya para turis domestik dari seantero Nusantara berbelanja.” – Haryoto Kunto, Wajah Bandoeng Tempo Doeloe

Sepertinya masa itu kembali lagi ke Bandung saat ini. Daya pikatnya tak berhenti hanya di seantero nusantara saja karena harum semerbaknya hinggap pula hingga ke negara tetangga, Asia, Jazirah Arab hingga menyebrang jauh ke Eropa dan Amerika. Banyaknya wisatawan yang datang tentunya berimbal balik dengan pemuas kebutuhan mereka dalam hal isian perut atau lebih bekennya kini disebut kuliner. Berbicara masalah ini, apa kira-kiranya makanan yang tidak ada disini, mungkin jawabannya nyaris tidak ada. Memang sudah tidak otentik lagi namun melalui olahan tangan kreatif yang menjadi ciri khas penduduk kota, bahkan makanan tersebut muncul dengan rasa dan tampilan yang lebih menarik dibandingkan dari asalnya. Seperti halnya panganan bakso yang banyak sekali variasinya. Salah satu variannya adalah tentu Bakso Malang, walaupun dari namanya kita tahu asalnya dari mana, setelah sampai di Bandung variasi baksonya semakin bertambah. Entah siapa yang memulai namun Bakso Malang Langgeng salah satunya.

Tiga tahun berdiri di Jalan Talaga Bodas Bandung, sebetulnya tidak meninggalkan keotentikannya. Jika kita tarik kebelakang, sejarnya bakso malang ini mulai dijajakan dan populer di Malang semenjak tahun 1977. Adalah Abah Sugito dengan varian isinya mie kuning, tahu, siomay basah atau kering. Seiring berjalannya waktu, variannya bertambah dengan hadirnya pangsit goreng, bakso goreng dan lain sebagainya. Untuk Bakso Malang Langgeng sendiri bakso urat pedasnya yang banyak menarik perhatiannya, selain tentu saja bakso isi keju-nya yang menjadi rekomendasi.

Semua produk di Bakso Malang Langeng dibuat sendiri kecuali mie-nya. Pelanggan selain ditawarkan dengan bakso yang sudah dipaket, merekapun dibebaskan memilih varian bakso malang yang dikehendakinya. Bahkan ada sensasi tersendiri dengan kita mengambil sendiri bakso yang kita kehendaki. Oleh karena itu selain tentu saja rasanya Bakso Malang Langgeng terpilih sebagai salah satu yang akan tampil di Festival Baso Juara, tanggal 28 – 29 Mei 2016 di Jalan Soekarno (Cikapundung), Bandung.

Festival Baso Juara ini diharapkan menjadi ajang tahunan seperti Jaarburst pada jaman kolonial yang mana mengundang turis-turis domestik bahkan mancanegara datang. Tentu sebagai penyemilir semerbaknya adalah jawara-jawara bakso yang sudah menjadi legenda atau yang unik di Kota Bandung, salah satunya tentu Bakso Malang Langgeng.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *