November 11, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

Ajang Kuliner Berkualitas di Localicius 3

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Pagi belum beranjak pergi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat namun si raja hari sudah berjaya dengan sinarnya. Sengaja datang lebih pagi biar ga usah berurusan dengan para Bobotoh Persib yand sudah berkonvoi dari semalam. Jangan sampai terjebak mereka, bukan karena takut rusuh tapi entah berapa jam bisa meloloskan diri dari kemacetan. “Hmmm…. Localicius 3, semoga seperti apa yang aku harapkan.”

Tenda besar bertuliskan Localicius 3 sudah ada di hadapan mata. Pandangan sedikit ke kiri ada tulisan lebih menarik lagi “House of Chef.” Wooww…. rumah para chef. “The Place where I belong next, probably next localicius.” Ahhh, sudah dulu menghayalnya. Belok kiri dulu, ada sesuatu yang menarik langkahku ke sana, sebuah VW Combi warna merah. Dari mata turun ke hati kali yah. Judulnya Whatever Combi, salah satu foodtruck yang berpartisipasi di area Localicius 3. Asli ga hanya VW Combi-nya yang keren makananya juga enak, Whatever Sandwich ya…whatever tapi enak. Lokasi sangat menentukan prestasi, posisinya dipojokan dan dibawah pohon rindang pula, space lebih besar untuk menyimpan kursinya yang kece. Seb

elah kanan berjajar foodtruck yang lain seperti Pojok Nasi, Sushi Han Ei, Wild Wing, Mokoja, Es Potong Singapur dan lainnya. Untuk partisipan jenis ini baru diadain di Localicius 3, di localicius sebelumnya belum ada.

Acara selanjutnya adalah Lomba Masak antar Komunitas, lokasinya di tenda luar dengan dikitari oleh stand bazzar. Komunitas yang ikut berpartisipasi di acara ini diantaranya: Namaste Yoga Club, Yogya Club, Viking Enhaii, Nihon No Kurabu, RSCK dll. Jurinya salah satu mentorku Chef Adi Ruhaedi dengan dua juri lainnya Chef Dedi Sukartin dan Chef Syah Johan. Paling menggembirakan banget ketika di sini berhasil juga mewawancarai Chef Henry Alexie Bloom, Presiden Indonesian Chef Association, untuk interview-nya kita simak di artikel berikutnya yah.

Seperti yang diutarakan oleh Chef Weddy Yanuar, Ketua ICA Jabar, event Localicius 3 ini bukan hanya ajang hura-hura saja tetapi memberikan sesuatu yang lebih tematik, menanamkan kebudayaan, pendidikan dan sejarah dari kuliner Nusantara. Disamping itu ingin lebih memperkenalkan chef ke masyarakat banyak. Seperti kita ketahui chef  adalah ujung tombak di dunia makanan namun demikian orang-orang tidak ngeh sama kehadiran mereka. Di ajang ini chef-chef dapat berbicara langsung dengan tamunya. Kesulitan yang dihadapi adalah mengumpulkan chef-chef ini yang notabene memiliki kesibukan yang sangat luar biasa. Untuk tahun ini ICA di acara Localicius 3 memberikan reward pada 7 legend dunia kuliner, sebagai bentuk penghargaan kepada para pendidik-pendidik kami. Acara ini sendiri ditargetkan dihadiri oleh 10.000 pengunjung. Sebagai acara puncak dari kegiatan ini adalah pemecahan rekor MURI. Rekor yang dipecahkan adalah membuat 240 menu Asia oleh 30 chef hotel di Jawa Barat.

Sudah tepat aku datang ke Localicius 3, betul-betul seperti yang diharapkan. Ga waste my time, di satu even kuliner kita sudah dapat makan dari stan-stan bazzar yang bermutu, foodtruck yang unik, melihat-lihat peralatan memasak, pembuatan ice carving, cooking show dari para chef terkenal dan satu lagi yang sebenarnya orang-orang lewatin: acara ini bisa dijadikan wadah untuk membina komunikasi dengan pelaku jasa lainnya dan jelas sekali kegiatan ini menambah ilmu pengetahuan tentang kuliner Nusantara yang amat kaya. Buatku inilah event kuliner yang paling bermutu dari seabrek kegiatan kuliner di Bandung. Kita tunggu saja Localicius berikutnya, can’t hardly wait.

 

Reportase Chef Rahmi Johan (Masterchef Indonesia season 1), Kontributor Warna Nusantara

 

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_gallery type=”image_grid” interval=”3″ images=”2498,2500,2499,2501,2502,2504,2505,2506,2507,2508″ onclick=”link_image” custom_links_target=”_self”][/vc_column][/vc_row]

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *