Agustus 20, 2014
Warna Nusantara (340 articles)
0 comments

17 Agustusan di Dasar Laut

Tanggal 17 Agustusadalah hari yang bukan hanya bersejarah namun sangat istimewa di Nusantara. Banyak acara dalam rangka menyambut dan memperingatinya digelar oleh masyarakat. Acara-acara seremonial yang biasa bahkan yang luar biasa ada. Salah satunya yang digelar dengan cara luar biasa adalah Pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut. Acara yang dilangsungkan di Pantai Gepang, Kota Sabang, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Ratusan penyelam melaksakan upacara pengibaran bendera bawah laut dalam rangka memperingati HUT RI ke-69. Acara berlangsung di Pantai Gapang, Kota Sabang, Propinsi Aceh, pada hari Minggu 17Agustus 2014. Kegiatan upacara akan menggunakan 2 KMB (Kirby Morgan Bandmask) yang akan digunakan oleh Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, sehingga bisa berkomunikasi 2 arah.

Ketua panitia pelaksana Aceh Diving Competition (ADC), Octowandi, mengatakan, upacara juga akan direkam melalui CCTV dari bawah laut, dengan harapan bisa disaksikan langsung oleh masyarakat dari atas Kapal Simeulu milik TNI Angkatan Laut Sabang. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlantamal I Belawan Laksamana TNI Pulung Pambudi dan Komandan Upacara Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Imam Musani.

“Sebanyak 200 peserta akan ikut dalam kegiatan upacara pengibaran bendera di bawah laut ini dan lebih dari 100 orang diantaranya akan menjadi peserta di bawah laut. Ini merupakan upacara lengkap selayaknya upacara pengibaran bendera yang dilakukan di lapangan di darat,” jelas Octowandi.

Upacara pengibaran bendera di dalam laut ini akan mengambil posisi di kedalaman 10 sampai dengan 15 meter dan akan menghabiskan waktu selama 30 menit. Beberapa peserta upacara berasal dari berbagai kota di Indonesia. Di antaranya Pontianak, Bandung dan Medan, yang semuanya berasal dari berbagai elemen, yakni mahasiswa, pehobi olahraga selam, komunitas selam, Basarnas ​dan anggota TNI ​.​

“Ini merupakan kegiatan upacara lengkap bawah laut pertama dilakukan di Indonesia, selain memperingati HUT Kemerdekaan ke-69 RI, sekaligus juga kita memperkenalkan potensi bawah laut yang dimiliki Pulau Sabang yang merupakan kawasan nol kilometer Indonesia,” ujar Octowandi.

 

Reportase Langsung Renaldi, Senior Kontributor Warna Nusantara

 

 

 

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *